Sabtu, 31 Januari 2009

Model - Model Data

Model - Model Data
Model data adalah sekumpulan tool konseptual untuk mendeskripsikan data, relasi-relasi antar data, semantik data dan konsistensi konstrain.
Tiga kelompok model data yaitu : Object-based logical models, record-based logical models, dan physical models.
Object-based logical Models
Terdiri dari :
- Entity-relationship model
- Object-oriented model
- Semantic data model
- Functional data model
a. Entity-Relationship Model
E-R model didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek, disebut entity dan hubungan antar objek tersebut, disebut relationship. Entity adalah objek di dunia yang bersifat unik. Setiap entity mempunyai atribut yang membedakannya dengan entity lainnya. Contoh :
Entity Mahasiswa, mempunyai atribut nama, umur, alamat no. ktm.
Pemodelan data dengan model E-R menggunakan diagram E-R. Diagram E-R terdiri dari :Kotak persegi panjang, menggambarkan himpunan entity
Elip, menggambarkan atribut-atribut entity
Diamon, menggambarkan hubungan antara himpunan entity
Garis,yang menghubungkan antar objek dalam diagram E-R
b. Object-Oriented Model
Model berorientasi objek berbasiskan kumpulan objek. Setiap objek berisi :
Nilai yang disimpan dalam variable instant, dimana variable tersebut ?melekat? dengan objek itu sendiri.
Metoda :operasi yang berlaku pada objek yang bersangkutan. Objek-objek yang memiliki tipe nilai dan metode yang sama dikelompokkan dalam satu kelas. Kelas disini mirip dengan tipe data abstrak pada bahasa pemrograman.
Sending a message :sebuah objek dapat mengakses data sebuah objek yang lain hanya dengan memanggil metode dari objek tersebut.
c. Model-model lojik berbasis record
Terdapat beberapa model dalam kelompok ini :
Model Relasional ( Relational Model)
Model relasional menggunakan kumpulan tabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data-data tersebut. Setiap tabel terdiri atas kolom-kolom, dan setiap kolom mempunyai nama yang unik
Model Jaringan (Network Model)
Data dalam model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record, dan relasi antara data direpresentasikan oleh record dan link. Link dipandang sebagai pointer. Record-record diorganisasikan sebagai graf. Contoh : model relasional di atas direpresentasikan dalam model jaringan.
Model Hirarki (Hirarchical Model)
Mirip dengan model jaringan. Data direpresentasikan dalam record dan link. Perbedaannya adalah : record-record diorganisasikan sebagai tree (pohon). Model relasional berbeda dengan model jaringan dan hirarki dalam hal penggunaan pointer atau link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar